Serapan Unik dari Bahasa Belanda (1)

Gambar Dokumen dari www.seva.id
Bahasa Indonesia atau bahasa yang kita pakai sehari-hari ternyata banyak menggunakan serapan dari Bahasa Belanda. Maklum, Negeri Kincir Angin itu menjajah Nusantara ratusan tahun lamanya sehingga bahasa mereka sudah barang tentu sedikit-banyak mewarnai bahasa kita dan tersisa hingga kini.

 

Hasil berselancar di dunia maya dan menerjemahkan arsip-arsip tentang Sejarah Purbalingga ternyata banyak hal yang menarik soal serapan bahasa Belanda. Mungkin sudah banyak yang tahu kalau brug itu artinya jembatan atau kantor berasal dari kantoor. Namun, kata-kata ini mungkin tak terduga bahwa berasal dari Bahasa Belanda.

 

Berikut ini saya pilihkan kata-kata unik yang merupakan serapan dari Bahasa Belanda. Tak hanya ke dalam Bahasa Indonesia namun sering dipakai juga dalam bahasa sehari-hari kita. Beberapa saya contohkan percakapannya dalam Bahasa Indonesia atau Banyumasan.

 

Afdruk artinya cetak foto yang jaman dulu itu lho. Orang banyumas sering mengubahnya jadi Afdrek. “Gun, tulung afrdrekna foto maring kota nganah,” begitu Ibuku pernah bertitah saat aku remaja. Afkeuren jadi Afkir. Biasa digunakan untuk menyebut barang-barang yang tidak memenuhi standar atau sudah tak terpakai. Contoh : “Kue anu wis afkiran ya didol murah baen”.

 

Aflossen sebenarnya artinya membayar kembali atau re-pay (Inggris). Pada bahasa sehari-hari menjadi Aplus, sering dipakai sebagai kata yang berarti pergantian. “Inyong aplusan karo rika ya jadwal kerjane”. Achteruit ini berubah menjadi Atret, artinya mundur. “Mobile gole atret ngati-ngati, di deleng spione mbok nabrak”

 

Arloji atau Jam asal kata dari Horloge. Huruf G memang bacanya menjadi seperti J. Apparatuur artinya sebenarnya peralatan, dalam bahasa Indnesia jadi Aparatur yang berarti pegawai. Misal digunakan menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN)

 

Aroma ini tak berubah saat diserap dalam Bahasa Indonesia, tetap menjadi aroma. Sering menjadi kata ganti bau. Asbak juga tetap menjadi Asbak dalam Bahasa Indonesia, artinya tempat abu rokok. “Aroma abu rokok di asbak menyengat sekali, menggelitik syaraf hidung”.

 

Aaubade tetap menjadi Aubade. Artinya upacara penurunan bendera. Aula tetap menjadi Aula artinya ruang pertemuan besar.

 

Bak asal kata dari Bak artinya tempat penampungan air. “Gun, wis sore gagean nimba banyu nggo ngisi bak, Bapake arep siram”. Balok asal kata dari Balk. Contoh : Balok Kayu, Es Balok. Bangku asal kata dari Bank. Contoh : Bangku Sekolah. Bandrol atau Banderol sama asal kata dari Banderol. “Kue motore dibandrol pira Kang?”

 

Bandit asal kata dari Bandiet. Contoh : “Bandit Kelas Teri Tertangkap Mencuri Sepeda”. Bangkrut dari Bankroet, ini sebenarnya mirip juga Bahasa Inggris Bankrupt. Beslah atau disita berasal dari Beslag. Aanval jadi Anval masih digunakan hingga kini yang artinya serangan jantung. Kemudian Bludrek alias tekanan darah tinggi juga serapan dari Bloeddruk.

 

“Wis bangkrut utange mambrah-mambrah banjutan umahe dibeslah pantes baen lansung anval karo bludreke kumat”.

 

Ini istilah militer ada barak asal kata sama dari Barak, baret juga sama dari Baret dan bataliyon dari Bataljon. Blokade dari Blokkade. Bayonet dari Bajonet. Brigade dari Brigade juga.

 

Ini unik ini, Baskom ternyata dari Bahasa Belanda lho Waskom. Lalu Beha yang artinya Kutang atau pembungkus payudara juga singkatan dari Bahasa Belanda yaitu Bustehouder (B.H). Sering denger kata branwir atau malah blangwir kalau dibanyumaskan yang artinya pemadam kebakaran itu berasal dari kata Brandweer.

 

Bengkel artiya sebenarnya tempat kerja, asal kata dari Winkel. Bengkel jadi nama khusus untuk tempat reparasi kendaraan bermotor. Sementara Bensin asal kata dari Benzine. Baut atau Baud asal kata dari Bout.

 

Kemudian, Berita dari Berichten. Lalu Brilian atau cemerlang dari Briljant. Broer diucapkan Brur yang merupakan sebutan saudara laki laki juga berasal dari Bahasa Belanda. Sekarang sering dipakai Bro yang berasal dari Bahasa Ingris Brother. Contoh : “Pemikiran Brilian dari Broer Gunanto Sering Menjadi Topik Utama Berita”

 

Besuk asal kata Bezoek. Contoh : “Bapak sedang membesuk saudara yang sakit di Wirasana”. Beton dari Betonnen. Contoh : “Dalan nang Kejobong siki kabeh wis dibeton lho, alus mulus”. Bioskop asal kata dari Bioscoop. “Malam minggu ayo pergi ke Bioskop”.

 

Bivak yang artinya tempat perlindungan sementara juga berasal dari kata Bivak. Anak Pecinta Alam pasti tahu ini karena salah satu kertrampilan dasar harus bisa membangun bivak. Bordil yang berarti tempat pelacuran asal kata dari Bordeel. Rumah Bordil

 

Blangko alias form kosong berasal dari kata Blanco. Blunder atau kesalahan yang diluar kendali dari kata Blunder dan bredel berasal dari kata Breidel yang artinya dikekang. Contoh : “Gara-gara blunder saat mengisi ngisi blangko akhirnya kantornya dibredel”.

 

Boreh artinya uang jaminan asal kata dari Borg. Brankas (tempat penyimpanan) asal kata dari Brandkast. “Rika arep utang bank sing nggo borehe apa?. Ora susah utang-utang, tok nyimitna bae kae inyong duite esih akeh nang brankas”. Lalu, Brutal asal kata dari Brutaal. “Akibat Penyerangan Brutal itu Puluhan Orang Terluka”.

 

Buku asal kata dari Boek. Bus asal katanya sama dari Bus. Busi dari Bougie.

Nah, ini unik ini, nama sayur buncis ternyata berasal dari Bahasa Belanda juga yaitu Boontjes. “Ayok semuanya pose yang keren dan katakan buuunnnciissss!”.. wkwkwk.

 

Familiar dengan kata Brewis, itu lho pengganti akta lahir. Sebenarnya dari kata Geboren Brewijs, artinya telah lahir. Namun orang pangiyongan sering kali menggunakan sebagai kata ganti akte kelahiran. Akte sendiri berasal dari Bahasa Belanda yang sama, Akte.

 

Ini juga baru aku baru tahu. Kalau salam ‘Daah, Dadah Sayaang, Papa Pergi Dulu Yaa, Dadaah.’ itu juga dari Bahasa Belanda, yaitu, Dag

 

Mencret atau diare juga berasal dari Bahasa Belanda Diarree. Lalu Dinas asal katanya Dienst. Doorsmeer artinya jasa cuci mobil masih dipakai di beberapa tempat. Golok atau Parang asal kata dari Dolk. Gerendel asal kata dari Grendel. Gorden asal kata dari Gordijn. Lalu, Handuk asal kata dari Handdoek.

 

Gelar akademik jaman dulu Doktoranda (Dra. - perempuan) dan Doktoradus (Drs. – Pria) berasal dari kata Doctoranda dan Doctorandus. Sekarang sudah diganti Sarjana.

 

Egois asal kata dari Egoistisch. Feodal dari kata Feodaal. Forsir asal kata Forceren. “Dadi wong saja egois, kaya wong jaman kuna baen, feodal banget. Terus nek kerja aja terlalu diforsir mengko keselen dewek”

 

Got atau selokan ternyata berasal dari Bahasa Belanda Goot. Gratis juga, asal katanya sama Gratis. Nah ini unik Hampir padanan katanya Nyaris juga berasal dari Bahasa Belanda lho, Amper. Kata hura-hura yang artinya bersenang-senang asal katanya dari Hoera.

 

Hmh, unik Mbok Luuur... hehe. Jebule akeh serapan basa sing dienggo saben dina nang dewek serapan sekang Basa Landa yaa...


Sumber :

Wikipedia dan dibantu dengan Google Translate

igo saputra Orang yang suka berkhayal dan berusaha membuatnya menjadi kenyataan. Jangan berhenti berimaji..

0 Response to "Serapan Unik dari Bahasa Belanda (1)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel