7 Tokoh Purbalingga di Pentas Nasional dan Dunia


Lur, Purbalingga ternyata melahirkan tokoh-tokoh yang berkiprah di tingkat nasional, bahkan, dunia. Siapa saja mereka?

Berikut cerita singkat 7 tokoh di antaranya :

1. Jenderal Soedirman

Lahir di Bantarbarang, Rembang, Purbalingga pada 24 Januari 1916. Beliau merupakan pemimpin TNI yang pertama, ahli strategi perang gerilya yang membuat Belanda kalang kabut. 

Atas jasanya bagi negeri ini, Jenderal Soedirman dianugerahi gelar pahlawan nasional dan diabadikan sebagai nama jalan raya kota-kota besar di Indonesia.

2. Mayjend Soengkono

Lahir di Purbalingga Kidul (Prapatan Banteng), 11 Januari 1911. Mayjend Soengkono merupakan 'jenderal' lapangan dalam pertempuran heroik 10 November 1945 di Surabaya yang ditahbiskan sebagai Hari Pahlawan. 

'Wong Purbalingga' itu memipin 'Arek Suroboyo' melawan sekutu. Soengkono diabadikan sebagai nama jalan di Surabaya juga di Purbalingga.

3. Mas Pierngadi

Siapa sangka Purbalingga ternyata melahirkan pelukis, ilustrator dan etnografis handal. Ia adalah Mas Pirngadie, lahir di Desa Pekiringan, Karangmoncol pada 1878.

Mas Pirngadie bersama J.E Jasper, seorang ambtenaar Belanda membuat karya monumental berupa 5 jilid buku tentang seni dan kerajinan dari berbagai pelosok nusantara.

Pirngadie juga membuat masterpiece-nya berupa 78 lukisan wajah suku-suku bangsa di Nusantara, pernah dipamerkan di Paris, Perancis pada 1931 dan kemudian dipajang sejak 1935 di Museum Nasional hingga kini.

4. Sersan Dua KKO Usman Janatin

Lahir di Tawangsari, Desa Jatisaba, 18 Maret 1943. Ia merupakan serdadu yang dikirim pada konfrontasi 'Ganyang Malaysia'. Usman Jantin bersama Harun Thohir berhasil meledakan Mc Donald House, Singapura pada 10 Maret 1965 akan tetapi kemudian diangkat dan dijatuhi hukuman gantung.

Usman dan Harun diberikan anugerah sebagai Pahlawan Dwikora. Nama mereka diabadikan sebagai Kapal Perang Angkatan Laut, KRI Usman - Harun dan di tanah kelahirannya Usman Janatin ditahbiskan sebagai nama taman kota.

5. Pak Kasur

Soerjono, lahir di Desa Serayu Larangan, Mrebet pada 26 Juli 1912. Beliau yang kemudian dikenal dengan Pak Kasur merupakan tokoh pendidikan nasional.

Bersama istrinya, Sandiah yang dikenal sebagai Bu Kasur, menciptakan ratusan lagu anak, di antaranya : Balonku, Naik Delman, Kebunku, Sepedaku, Bangun Tidur dan lainnya.

6. Indro Warkop

Komedian kondang itu nama lengkapnya Indrodjojo Koesoemonegoro lahir di Purbalingga 8 Mei 1958. Indro, bersama Dono dan Kasino membentuk grup lawak Warkop DKI yang menjadi barometer lawak Indonesia. 

Ratusan film dan sitkom sudah dibintangi mereka. Sesekali Om Indro juga menyelipkan logat ngapak dari tanah kelahiranya dalam lawakan.

7. Sheila Agatha Wijaya

Desainer kelahiran Purbalingga, 15 November 1992 itu berhasil menembus ajang pameran jenama dunia, Paris Fashion Week 2022. Istimewanya, di workshopnya yang ada di Purbalingga, Ia mempekerjakan difabel dalam membuat karya internasionalnya. 

Brand 'Sean and Sheila' yang dibangun bersama suaminya  sudah dijual di butik-butik  ternama, juga dikenakan para pesohor nasional dan dunia.

Menurutmu, ada tokoh lain asal Purbalingga yang berprestasi di tingkat nasional atau dunia? 

Yuks, share dan buat berita baik tentang Purbalingga, kota kita tercinta.

Narasi dan Materi : Gunanto E S @igoendonesia

Desain  : Dwi Kurnia Alfi @docudal

#berita #beritabaik #purbalingga #beritabaikpurbalingga #news #goodnews #tokoh #sejarah

igo saputra Orang yang suka berkhayal dan berusaha membuatnya menjadi kenyataan. Jangan berhenti berimaji..

0 Response to "7 Tokoh Purbalingga di Pentas Nasional dan Dunia"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel