Seri Soedirman (1) : Lahirnya Sang Jenderal

Patung Jenderal Soedirman di Purbalingga (Dok : purbalinggakab.go.id)
Karsid Kartawiradji, kuli pabrik gula rendahan terpaksa menelan pil pahit, Ia diberhentikan dari pekerjaannya. Ada rasionalisasi karena kondisi perusahaan gula kolonial itu memburuk dan sebagai kuli kelas bawah, Karsid pertama kali kena imbasnya.

Karsid bersama istrinya Siyem yang tengah mengandung lalu numpang tinggal di rumah saudari Siyem yang bernama Tarsem di Desa Bantarbarang (saat ini di Kecamatan Rembang), Purbalingga, Hindia Belanda.

Tarsem lumayan bekecukupan karena bersuamikan seorang camat bernama Raden Cokrosunaryo.

Saat numpang inilah Siyem melahirkan seorang anak lelaki. Ia diberi nama oleh pamannya, Soedirman. Hari lahirnya, Minggu Pon, 24 Januari 1916, Bulan Maulud dalam penanggalan Jawa.

Karsid dan Siyem tak mampu merawatnya dan pamannya yang kondisi ekonominya lebih baik kebetulan tak memiliki putra. Akhirnya, Soedirman diadopsi Cokrosunaryo, juga diberi gelar Raden.

Soedirman tak sampai sewarsa di "Bumi Perwira". Setelah Cokrosunaryo pensiun sebagai camat pada akhir 1916, Karsid, Siyem dan Soedirman ikut dengan keluarga priyayi itu ke Manggisan, Cilacap. Di kota pelabuhan itu, Siyem melahirkan seorang putra lagi bernama Muhammad Samingan. 

Malang tak dapat ditolak, Karsid meninggal dunia saat Soedirman berusia enam tahun. Setelah menjanda, Siyem menitipkan juga adik Soedirman kepada saudara iparnya dan kembali ke kampung halamannya di Parakan Onje, Ajibarang.

Soedirman dan adiknya lalu tumbuh dan berkembang di Cilacap dalam bimbingan keluarga yang mengadopsinya. Ia dianggap seperti anak sendiri. Cokrosunaryo bahkan menyimpan rahasia bahwa Ia bukanlah ayah kandungnya sampai Soedirman berusia 18 tahun.

#105TahunSoedirman #Sejarah #Purbalingga

*Pemantik diskusi pada acara Gendu-gendu Rasa '105 Tahun Jenderal Soedirman', Kamis 28 Januari 2021, disiarkan live di IG @purbalinggaku.news 

*Artikel dan foto diolah dari biodata Soedirman di Wikipedia.

*Tempat lahir Soedirman ada yang menyebutkan di Desa Bodaskarangjati, Kecamatan Rembang, Purbalingga.

igo saputra Orang yang suka berkhayal dan berusaha membuatnya menjadi kenyataan. Jangan berhenti berimaji..

0 Response to "Seri Soedirman (1) : Lahirnya Sang Jenderal"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel