Jennifer Sanmoengin, Artis Suriname Keturunan Kedungjati

Jennifer Sanmoengin, Artis Tarik Suara dari Suriname (Dok : twitter @jennsanmoengin)
Hallo ik ben Jennifer Sanmoengin. Ik woon in Suriname waar ook mijn eerste eigen nummer ‘De liefde van mijn leven’ een hit is geworden in de Surinaamse Top 40. U zult nog veel van mij horen.

Hai, saya Jennifer Sanmoengin. Saya tinggal di Suriname di mana lagu saya yang pertama, ‘De Liefde van mijn leven’, menjadi hit di 40 besar Suriname. Anda akan mendengar banyak dari saya.


Kalimat bernada advetorial itu dipublikasikan oleh Jennifer Sanmoengin di sebuah forum media daring Belanda www.mannenzaken.nl. Jennifer artis atau penyanyi pendatang baru yang sedang naik daun di negara bekas jajahan Belanda di Amerika Selatan, Suriname.


Single pertama dara cantik berkulit eksotis berjudul De Liefde van Me Leven (Cinta Dalam Hidupku) yang direlesase Oktober 2013 cukup terkenal dan masuk di Top 40 tangga lagu Suriname. Jennifer pun kemudian digandeng artis ternama Suriname Mantje Karso dalam lagu hip hop tenar berjudul ‘Ga Maar Weg’ yang diluncurkan Desember 2013.


Ga Maar Weg dalam bahasa Inggris bermakna ‘Just Go Away’, kalau diindonesiakan jadi ‘Pergilah’ dan jika dialih bahasa ngapak bermakna ‘Los!’.


Loh kok jadi ngapak? Apa hubunganya sama Jennifer??


Ternyata eh ternyata, Jennifer ini ada darah pengiyongan lho. Itu lho nama belakangnya Sanmoengin, wis mesti turunan Jowo too?. Nah, hasil penelusuran arsip Belanda tentang kuli-kuli kontrak dari Jawa yang dibawa ke Suriname ternyata ada dua orang bernama belakang Sanmoengin.


Nah, duo Sanmoengin itu sama sama berasal dari Gewest Banjoemas, afdeling-nya juga sama Poerbolinggo. Bedanya, kalau Sapar Sanmoengin berasal dari District Boekatedja, Dorp Kedoengdjati. Sementara satunya, Kisan Sanmoengin berasal dari District Poerbolinggo, Dorp Kembaran.


Mas Arie Grobbe yang banyak menelusuri orang-orang Suriname keturunan Banyumas meyakini kalau Jennifer Sanmoengin merupakan keturunan dari Sapar Sanmoengin. Ia juga sudah pernah kontak dengan Jennifer pada 2015 dan Mbakyu Jenn yang sekilas mirip dengan Camila Cabello itu mengakui jika dirinya merupakan keturunan imigran Jawa. Jennifer pun dengan bangga tetap memakai nama belakang Sanmoengin.


Ini kakek/buyutnya Jennifer yang orang Kedoengdjati disandingkan dengan Jennifernya. Mirip kah??

Jennifer dan Sapar Sanmoengin (Dok : Arie Grobbe)
Roman-romannya menurute inyong si mandan mirip ya lur? Tak deleng-deleng ya ana rai-rai purbalinggane lah pokoke... serr..

Nah, kalau kakek/buyutnya Si Jen, ini datanya.

Sapar Sanmoengin (Dok : Nationaal Archief)
Pada laman Nationaal Archief Belanda, Sapar Sanmoengin bertinggi badan 167 dengan ciri fisik ada tanda lahir dibawah telinga kanan. Ia berumur 27 tahun sat dibawa via Batavia pada 7 Mei 1928. Sapar dibawa dengan Kapal Sembilan bersama 683 orang lainnya menuju Paramaribo.

Sapar dibawa oleh agen tenaga kerja Swijt, J.S dan mulai dipekerjakan pada 21 Juni 1928 di perkebunan Brouwerslust. Sapar berasal dari Desa Kedoengjati, Distrik Boekatedja, Kabupaten Poerbolinggo.


Ia tercatat memang tak pulang ke kampung halamanya dan menikah dengan Bok Markidi pada 9 September 1943. Itu berarti Sapar Sanmoengin baru menikah (lagi) pada umur 42 tahun. Mereka memiliki dua orang anak yang kesemuanya tercatat berkewarganegaraan Suriname.


Mbekayu Jenn dan Lagu-Lagunya


Aku baru liat yutubnya, lagunya Mbekayu Jenn memang cukup tenar. Singgle pertamanya De Liefde van Me Leven ditonton oleh 137.182 pemirsa. Lagu kedua bersama The Unity dan Chain Soilder berjudul Ga Maar Weg ditonton oleh 116.70i orang. Lagu-lagunya cukup mendapatkan tempat di warga Suriname. Suaranya banyak dipuji bagus dan indah. Kecantikannya pun mempesona pria-pria Suriname dan Belanda.

Mbekayu Jennifer di Youtube (Dok : Screenshoot Youtube Mantje Karso, Musik & More)
Rata-rata berkomentar mooi liedje, artinya lagu yang bagus atau heel mooi stem yang bermakna suara yang sangat indah. Bahkan ada yang termehek-mehek ingin menikahi cicitnya orang Kedungjati itu, seperti seorang bernama Jay Jason yang berkomentar seperti ini :

Jy bent Jennifer Sanmoengin????! Boii sang!!!! Voor het eerst zo mooie zangeres gezien.kom met m trouwen ik laat j nooit gaan please. Anda Jennifer Sanmoengin ????! Boii bernyanyi !!!! Untuk pertama kalinya melihat seorang penyanyi cantik. Ayo nikahi aku, aku tidak akan pernah melepaskanmu.


Cewek keturunan Purbalingga memang nggemesi ya boos??haha


Monggo kalau mau mirsani lagu-lagunya Mbekayu Jenn... dadooss


Lagu De Liefde van Me Leven 

https://www.youtube.com/watch?v=uLQsRKU3qN0&index=180&list=LLsu_yezdG2Wm7Ogc89dGUuw


Lagu Ga Maar Weg

https://www.youtube.com/watch?v=uLQsRKU3qN0&fbclid=IwAR3Q_gw5DyHG1VaUc1yi879npLbaz0LaeMiOBi3NQOvNkpHy0ZHTZ2S3bjY


Lalu Sanmoengin satu lagi, ini dia datanya.

Kisan Sanmoengin (Dok : Nationaal Archief)
Namanya Kisan Sanmoengin. Pria bertinggi 153 cm itu dibawa saat berumur 23 tahun pada 12 April 1926. Ia menumpang Kapal Sitoebondo II bersama 281 orang lainya dari Tandjongpriok menuju Paramaribo.

Kisan yang berasal dari Desa Kembaran, District/Afdeling Poerbolinggo mulai bekerja pada 24 Mei 1926 di perkebunan Sorgvliet, Laliendaal en Visferszorg. Ia tercatat tak pulang ke kampung halamannya dan meneruskan hidupnya di negara yang betetangga dengan Brazil itu.


Keterangan :


Special thanks to Mas Arie Grobbe atas hasil penelusuran dan referensinya. Rujukan lainnya dari National Archief Belanda, Channel Youtube Mantje Karso Music and More dan situs www.mannenzaken.nl. Tulisan saya yang lain bisa dibaca di www.igosaputra.com


igo saputra Orang yang suka berkhayal dan berusaha membuatnya menjadi kenyataan. Jangan berhenti berimaji..

2 Responses to "Jennifer Sanmoengin, Artis Suriname Keturunan Kedungjati"

M.Jugill said...

Samingin ya batire nyong bocah langgar..

igo saputra said...

samingin singadibrata

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel